Prospek Kerja Bisnis Digital

Uncategorized

Beberapa Unversitas yang berada di Indonesia, memiliki jurusan bisnis digital dalam ilmu ekonom dan perlu kamu tahu juga prospek kerja lulusan bisnis digital ini juga sangat luas, maka dari jurusan ini sangat banyak di cari saat ini. Jurusan ini mengkaji asal mula bisnis yang di kebagkan dengan kemajuan teknologi digital. Beberapa mata kuliah ang di pelajari atara lain e-business, digital business project, dan technopreneur.

Prospek Kerja Bisnis Digital

Buat Sobat Damara Yang Ingin Tau Prospek Kerja Lulusan Bisnis Digital, Simak Sampai Habis Artikel ini ya… Di lansir Dari Quipper, Berikut 10 Prospek Kerja Lulusan Bisnis Digital :

1. Technopreneur

Technopreneur merupakan istilah yang berasal dari kata technology dan entrepreneur. Sesuai namanya, sebutan ini ditujukan untuk pelaku usaha di bidang teknologi.

2. Konsultan bisnis

Seorang konsultan bisnis bertugas memberikan saran kepada pelaku usaha terkait kegiatan bisnis yang tengah dijalankan.

Profesi ini juga turut membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang sedang dihadapi sekaligus merumuskan solusi serta menadimpingi klien membuat perencanaan bisnis.

3. Konsultan pemasaran digital

Sama halnya dengan konsultan bisnis, ruang lingkup profesi ini tak jauh-jauh dari memberikan saran kepada pelaku usaha. Bedanya, konsultan pemasaran digital lebih cenderung memberi nasihat atau rekomendasi terkait pengembangan pemasaran digital.

Tak cuma itu, profesi ini juga bertugas membantu klien mengidentifikasi masalah, memberi solusi, serta memantau progres kegiatan pemasaran digital.

 4. Pembisnis online

Profesi yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang berminat membangun usaha sendiri. Kehadiran profesi ini sejatinya merupakan bentuk dari keberlanjutan bisnis konvensional yang sudah ada sejak lama.

Teknologi internet membuat pebisnis lebih mudah mengekspansi usahanya. Sebab, bisnis mode online mampu menjangkau pasar yang lebih luas, fleksibel, dan lebih hemat biaya.

5. Analis data

Analis data merupakan seorang ahli yang bertugas memeriksa, memodelkan, dan mentransformasi data guna menemukan informasi yang mendukung dalam membuat keputusan bisnis.

Proses analisis data tentunya sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Forecasting, pembuatan keputusan operasional, serta evaluasi bisnis merupakan beberapa kegiatan yang memerlukan analisis data.

6. Business development

Business development merupakan profesi yang bertugas melakukan pengembangan pasar dan relasi bisnis. Seorang bisdev, singkatan business development, harus bisa menciptakan dan menemukan kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis.

Oleh karena itu, seorang bisdev perlu memahami asal mula marketing, negosiasi, analisis, dan financial management.

7. Product manager

Product manager bertanggung jawab atas sebuah produk, mulai dari proses planning, development, hingga maintenance. Product manager juga bertugas mengidentifikasi produk potensial melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi, menentukan jadwal produksi, perumusan harga produk, juga terlibat dalam mengembangkan strategi marketing.

8. Market researcher

Seorang market researcher bertugas melakukan berbagai macam survei. Riset tersebut meliputi survei minat pasar, analisis produk, analisis kompetitor, dan memantau perkembangan tren pasar.

9. SEO specialist

Seorang search engine optimization (SEO) specialist bertugas mengoptimasi website perusahaan guna memenangkan persaingan pada mesin pencari.

Keberhasilan proses optimasi ini diindikasikan dengan meningkatkan jumlah traffic website dan membaiknya posisi website di search engine result page (SERP).

10. Financial analyst

Financial analyst bertugas menganalisis data keuangan, mengidentifikasi potensi peluang, dan ancaman fiansial, serta merekomendasikan finansial bagi kebuthan bisnis.

Seseorang yang menekuni profesi ini mesti memahami kondisi-kondisi ekternal yang dapat memengaruhi bisnis dari sisi finansial.

Penutup

Demikian prospek kerja bisnis digital yang bisa kami shere kepada sobat damara semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang akan memilih bidang bisnis digital yang menurutmu cocok utnuk di jadikan pilihan di masa depanmu!